Wellcome To Info Wisata Tour

What time

Diberdayakan oleh Blogger.

View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Sabtu, 12 Januari 2013

Wisata Goa Jatijajar

Wisata Kebumen 


Ada apa di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ?? Tentunya kita semua sudah pernah tau, bahwa di Kabupaten Kebumen, Kecamatan Ayah, Desa Jatijajar, terdapat tempat wisata yang alami yang pernah dikenal sejak kita mendapatkan pelajaran geografi ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), atau Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tempat wisata apa ya ?... Ooo tentu kita semua pada ingat, disana ada Goa yang dikenal dengan nama Goa Jatijajar.

Goa Jatijajar adalah sebuah obyek wisata alami, yang berada di kaki pegunungan kapur yang membentang dari utara (dari Gombong) ke arah selatan dengan ujungnya menjorok ke laut selatan berupa sebuah tanjung. Obyek Wisata ini memang benar-benar alami, karena kita disana diajak menelusuri dan masuk ke dalam perut bumi sedalam 40 m, dengan panjang Goa kurang lebih 250 m.

Transportasi Menuju obyek wisata Goa Jatijajar 

Untuk menuju obyek wisata tersebut, saat sekarang mudah sekali ditempuh baik dengan kendaraan pribadi maupun tarnsportasi umum/kendaraan umum (angkot atau bus), karena fasilitas transportasi baik kendaraan umum dan jalan-jalan yang menghubungkan dari pusat ibu kota Kebumen menuju obyek wisata tersebut sudah bagus, disamping itu jarak tempuh-pun relatif tidak jauh, kurang lebih 42 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 (satu) jam ke arah barat, dan bila ditempuh dari kota kecamatan Gombong, kurang lebih 21 km.

Apa yang menarik dari obyek wisata Goa Jatijajar ? 

Setelah kita masuk melalului mulut binatang purba “ Dinosaurus “ sebuah patung yang didesain sedemikian indahnya, mulailah kita menelusuri goa yang didalamnya banyak kita temui “stalagtit” dan “stalagmit”, dan ornamen-ornamen berupa patung-patung kera dan lainnya, serta dengan perpaduan lighting /pencahayaan lampu-lampu hias yang indah dan menarik bila kita melihatnya. Kita bisa menikmati panorama keindahan di dalamnya sambil duduk-duduk di kursi yang sengaja didesain khusus agar para pengunjung leluasa memandang keasrian, keindahan wisata tersebut. Disana di dalam goa tersebut terdapat sumber mata air yang disebut sendang. Ada 4 (empat) buah sendang yang masing-masing mempunyai sebutan : Sendang Mawar, sendang Kantil, sendang Jombor dan sendang Puserbumi. Konon menurut cerita, bahwa sendang Mawar mempunyai kekuatan gaib yang bisa menjadikan seseorang awet muda bila membasuhkan air dari sendang tersebut pada mukanya.

Goa Jatijajar menyimpan legenda, Legenda apa?

Pada umumnya tempat-tempat atau obyek-obyek wisata alam yang kita kunjungi rata – rata memiliki legenda. Legenda apa yang ditemui di Goa Jatijajar? Konon menurut cerita, Zaman dahulu tempat ini merupakan tempat bersemedinya Raden Kamandoko yang mendapatkan wangsit, yang dikenal dengan cerita legenda Lutung Kasarung. Dengan dasar legenda tersebut, sehingga desain patung dan ornamen-ornamen di dalam Goa banyak berbentuk patung-patung kera sebagai visualisasi legenda Lutung Kasarung.

Fasilitas yang ada di sekitar Goa Jatijajar

Obyek wisata tentu tidak akan bisa menarik pengunjung, bila tidak dilengkapi dengan fasilitas yang mendukungnya. Disana terdapat fasilitas penginapan, rumah makan, tempat parkir yang relatif representatip sehingga membuat nyaman kita bila berwisata disana. Disekitar goa tersebut terdapat goa-goa yang lain seperti Goa Dempok dan Goa Intan.

Itulah sedikit tentang wisata Goa Jatijajar, semoga bermanfaat.

Sumber bacaan : wikipedia
Sekedar uneg-uneg wisata alami Goa Jatijajar oleh : mazz-Tanto82

Comments :

0 komentar to “Wisata Goa Jatijajar”

Poskan Komentar

Info Wisata Budaya

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah merupakan Taman Wisata Budaya, tempat rekreasi yang bersifat pendidikan yang menggambarkan secara keseluruhan budaya Indonesia dari segala jenis adat dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.


Taman Mini Indonesia Indah , dalam perencanaan dan pembangunannya berawal dari suatu ide/gagasan dan sumber ilham oleh Ibu Tien Soeharto (Ibu Negara) pada tanggal 13 Maret 1970.


Taman Mini Indonesia Indah, terletak di Pondok Gede, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, dengan luas lahan + 100 ha. Taman Wisata Budaya ini, mulai dibangun pada tanggal 30 Juni 1972 tahap demi tahap secara bersinambung. Rancangan bangunan utama berupa peta relief Miniatur Indonesia berikut penyediaan airnya, Tugu Api Pancasila, bangunan Joglo, dan Gedung Pengelolaan disiapkan oleh Nusa Consultants berikut pembuatan jalan dan penyediaan kaveling tiap-tiap bangunan. Rancangan bangunan lain, seperti bangunan khas tiap daerah, dikerjakan oleh berbagai biro arsitek, sedang Nusa Consultants hanya membantu menjaga keserasian secara keseluruhan. Untuk mengenal lebih jauh tentang TMII (Taman Mini Indonesia Indah), silahkan baca .Selengkapnya ...

Wisata Pulau Gili Nanggu Lombok

Wisata Pulau Gili Nanggu Lombok
Please Click Photo to visit Situs web

Switzerland: The Path of William Tell

Switzerland: The Path of William Tell
Please, Click here

Wisata Kuliner

 

Copyright © 2009 by JelajahWarta Wisata

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger